Thursday, January 20, 2011

KARANTINA IKAN YANG BARU

Berikut ini adalah beberapa tahapan memperlakukan koi yang baru datang atau baru di beli, koi yang baru wajib untuk kita karantina dulu walaupun ikan tersebut kelihatan sehat atau dari tempat yang sangat terpercaya sekalipun..
Kebanyakan permasalahnya koi akan mengalami stres ketika dalam perjalanan ini bisa dimungkinkan karena banyak faktor yang membuat koi stres selama dalam perjalanan salah satunya adalah perubahan suhu.Dan berikut tahap - tahap karantina :
  • Sediakan air yang sudah diaerasi sebelumnya, koi yang masih dikantong jangan langsung dimasukan kedalam bak karantina. Tetapi masukan kantong kedalam bak karantina yang bertujuan supaya suhu air dalam kantong sama dengan suhu air dalam bak karantina. Kemudian keluarkan ikan dalam kantong secara perlahan lahan   ( biarkan ikan keluar sendiri dari kantong atau berenang sendiri ke bak karantina ) . Selama karantina ini ikan wajib PUASA, tahapan ini biasanya memerlukan waktu 2 sampai 3 hari.
  •  Hari Ke-3 kalau ikan sudah kelihatan beradaptasi dengan air yang ada di bax karantina langkah berikutnya adalah menghilangkan parasit atau kutu mungkin masih dibawa dengan cara memberi obat pembunuh kutu yaitu DEMILIN dengan dosis 1 gram / 1 Ton air. Larutkan demilin dalam wadah atau ember dengan air secukupnya lalu taburkan air yang dalam ember tersebut kedalam bak karantina. Proses perendaman ini berlangsung selama 1 malam.
  • Hari Ke 4 ganti air yang sudah tercampur demilin, untuk selanjutnya dimasukan air baru biarkan ikan adaptasi lagi dengan air yang baru min 1 hari 1 malam
  • hari ke 5 maukan garam ikan dan El bagin / El bayu, dengan dosis untuk 1 Ton air = 1Kg garam + 10 Gram El bayu., proses ini dilakukan selama 2 - 3 hari...
  • Hari Ke 8 air dalam bak karantina yang masih mengandung garam dan el bayu diganti oleh air kolam yang akan ditempati oleh ikan koi yang sudah dikarantina, hal ini supaya proses adaptasi ikan maksimal dengan lingkungan barunya, proses ini akan dilakukan selama 1 hari 1 malam,  Setelah melewati prose ini ikan siap dimasukan kedalam kolam ynag telah disiapkan untuk dibesarkan dan dinikmati.
Memang tahapan ini begitu panjang dan rumit, namun inilah yang selama ini kami lakukan dalam memperlakukan ikan yang baru datang atau baru kami panen dari moud pond kami dan dengan demikian kami bisa menekan angka kematian dan memutus mata rantai penyebaran bakteri atau penyakit. Karena tidak ada jaminan membeli koi dari manapun sehat dan selamat 100 % sampai pada Kolam untuk kita nikmati.MEMBERIKAN OBAT OBATAN IKAN YANG LAIN LAIN MALAH AKAN MENJADIKAN RACUN PADA IKAN TERSEBUT.
Mudah mudahan tips ini akan berguna................

------------------------------------------------------------------

TAISHO BERAT SATU KARUNG ISI 30 KG Taisho merupakan pakan ikan koi tipe apung, dilengkapi dengan nutrisi seimbang, vitamin dan mineral yang cukup sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh koi.  Varian : Taisho & Taisho Super (30kg)   Keunggulan :  - Meningkatkan daya cerna. - Meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan. - Tidak menyebabkan polusi air.   Spesifikasi & Nutrisi ProteinLemakSeratAbuKadar Airmin 21%min 4%max 5%max 10%max 10% #koi #pelet #ikankoi




1 comment:

  1. Nice info for beginners kang, better late know than never know

    ReplyDelete