Thursday, January 20, 2011

MENGHITUNG POPULASI KOI DALAM KOLAM

Untuk menentukan pedoman jumlah Koi yang dapat dipelihara dalam satu kolam dapat digunakan pedoman berikut ini : Panjang x Lebar Kolam (CM) : Panjang Badan Koi (Cm ) : 150 ( Faktor Pembagi )
Contoh :
Panjang Kolam = 600 Cm & Lebar = 300 cm, maka :
Ukuran Koi     Formula                Jumlah Koi
30 Cm              600x300 : 30 : 150  =       40 ekor
45 Cm              600x300 : 45 : 150  =       27 ekor

Seperti hewan lainnya, koi akan bersaing dengnan sesamanya untuk mendapatkan makanan . jadi akan lebih bijaksana bila kita memelihara sejumlah koi yang ukurannya kurang lebih sama.
Koi yang berukuran kecil akan tetap kecil jika dipelihara bersamaan dengan koi yang berukuran besar karena koi yang berukuran lebih besar akan lebih cepat mendapatkan makanan dan akan lebih cepat makannya



Koi yang berkualitas bagus jangan dicampurkan dengan koi yang berkualitas jelek ( Rendah ), sebab Koi yang jelek biasanya akan makan lebih banyak, membutuhkan oksigen lebih banyak dan lebih kuat daripada koi yang berkwalitas bagus. jadi apabila air kolam sedang kekurangan Oksigen maka koi yang bagus akan mati duluan ( sehingga ada perkataan ' Koi yang Bagus Tidak Dapat Berumur Panjang ) . Disamping itu, bila kita mencampurkan koi koi yang bagus  dengan koi yang jelek, maka tanpa disadari mata kita akan selalu mengikuti koi yang jelek tersebut, kemanpun dia berenang..!

No comments:

Post a Comment