Saturday, January 22, 2011

MEMBELI IKAN KOI

Hal yang wajar biasa kita jumpai pada kolam koi pemula adalah padatnya populasi atau jumlah yang terlalu padat dalam satu kolam. Seharusnya kita menyadari bahwa hunian yang belum terlalu padat lebih sehat dari pada hunian yang tingkat populasinya padat. Begitupun dengan koi, koi akan tampak sehat dan bisa tumbuh sesuai dengan harapan kita apabila tingkat kepadatan atau populasinya di batasi.
Bagi para pemula, sangat sulit dapat kembali pulang dari tempat penjual koi tanpa membawa pulang ikan koi dan bila kebiasaan ini terus dilakukan akan mengakibatkan tingkat populasi koi dalam kolamnya semakin tinggi . Sedangkan pemelihara yang sudah berpengalaman akan selalu menjaga jumlah koi sedikit tapi berkualitas bagus, daripada berjumlah banyak tapi kualitas seadanya. Apabila jumlah koi terlalu banyak dalam satu kolam maka pemiliknya kan sulit memperhatikan lebih seksama kebiasaan dan kesehatan setiap ekor koi - nya.
Salah satu alasasan kenapa pemula selalu menambahkan jumlah koinya , sebab salah satu keunikan koi adalah tidak adanya 2 ekor koi yang pola  ( pattern ) sama persis didunia ini ( sama seperti manusia dimana tidak ada dua orang yang bermuka persis sama meskipun kembar ). Hal ini adalah salah satu alasan mengapa penjual koi terkadang menawarkan Koi nya melalui foto ikan tersebut.

No comments:

Post a Comment